Selasa, 15 Februari 2011

SEBUAH PILIHAN KAH (aku) ??

Hari kasih sayang belum juga berlalu. Coklat pun belum habis lumer di mulutku. Sudah dihadapakn pada sebuah realita yang menuai pro dan kontra. Bagi sebagian orang kasih sayang harus selalu diungkapakn dengan coklat, boneka, atau setangkai mawar (maaf, kalau tidak setuju). Namun, tidak bagiku! Setiap hari pun adalah kasih. Ketika kita tersenyum pada orang lain, ketika kita berucap terima kasih, bahkan kerika kita memilih. Semua itu adalah ungkapan kasih.
Semua orang berhak berbendapat. Sama halnya, setiap orang berhak memaknai hari kasih sayang itu harus diungkapkan dengan apa.  Semua kembali pada diri kita yang akan menjalani. Sejenak diingatkan pada catatan perjalanan sahabatku bahwa “di ujung tinta kulukis duniaku, bukan dari kau, dia, bahkan mereka”. Ya…kembali pada sebuah pilihan. Pilihan yang akan membawa ke mana arah yang puncak yang akan kita tuju.
Menjadi dewasa pun menurutku sebuah pilihan. Pikiran kita lah yang punya andil paling besar dalam peristiwa ini. (terserah mau sepakat atau tidak). Ketika kita memilih akan tetap seperti seorang anak kecil, ya kita tentunya akan tetap bersikap seperti mereka dengan segala problematika seorang anak. Namun, ketika kita memilih untuk menilik setiap peristiwa dari sisi positif dan negatifnya, saat-saat itulah kita perlahan berkembang menjadi pribadi yang semakin matang.
Ya, itu tadi hanyalah sebuah wacana yang sempat kuhadirkan dalam perbincangan dengan teman lamaku. Sepertinya, kami pun memiliki pandangan dan pemikiran yang berbeda, tetapi kembali lagi pada pembicaraan awal. Itu tadi sebuah pilihan.
Tak jarang juga, kita merasa bingung ketika dihapakan pada sebuah pilihan. Ya, itulah kita. Ketika dihadapkan pada sebuah pilihan, sisi keduniawian kita muncul. Ibarat pertemuran, mana yang akan kita menangkan. Rasa sebagai nafsu atau rasa sebagai ketulusan??
Ya, sudahlah…dari pada semakin terlalu jauh kita terbawa situasi akan banyaknya pilihan dalam hidup, lebih baik kita maknai pilihan yang telah kita pilih dengan kesunggunan dan katulusan. Apapun itu! Selamat menentukan pilihan!
Hanura, 16 Februari 2011/ 11.26 p.m.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar